Selasa, 26 Juni 2012

MAKANAN KHAS BANGKA BERBAHAN DASAR IKAN

Kemarin, pantai udah ku bahas tuh..yg liet blognya lumayan lah,hahaha..Nah sekarang kita masuk ke acara makanannya...makanan khas dari Pulau Bangka..(Semoga aja yang liat blognya lebih banyak lagi,,gimana nggak,,pantai aja pengunjungnya ratusan lebih,apalagi kalau makanan yang bikin lidah melet terus?????wkwkwkwk).
Oke, kita mulai saja dengan makanan-makanan khas yang berasal dari Pulau Bangka. Pernah dengar kemplang??atau kerupuk bangka??atau kretek getas???atau martabak bangka??atau yang lainnya???Yup, anda benar yang saya sebutkan tadi adalah sebagian kecil dari makanan khas bangka. Makanan dari Bnagka identik dengan bahan dasar yang bernama ikan, terutama sih ikan laut.
Makanan khas bangka enak-enak lho. Bagi yang pernah mencobanya, pasti ketagihan. Mayoritas makanan khas Bangka semuaaaanyaa terbuat dari ikan, kata salah seorang Bangka ” orang Bangka seperti air laut tanpa garam apabila sehari saja tidak menyantap ikan”. Oleh sebab itu, ikan menjadi menu utama, danbahan dasar dari makanan Khas Bangka. Mari kita mengenalnya satu per satu. Mari kita mulai :
1. Pempek Bangka
     Pempek yang biasa kita dengar adalah pempek Palembang, tetapi pernahkah anda mencoba pempek     Bangka? bahan dasarnya sama yaitu dari ikan, namun dari segi cita rasa sangat berbeda (kalau menurutku sih lebih enak pempek Bangka daripada Pempek Palembang,hehehe), karena pempek bangka dapat dimakan baik direbus maupun digoreng, ada juga pempek kulit dari Bangka ada juga otak-otak ikan yang biasanya disajikan dengan dipanggang, semua berbahan dasar ikan. Ciri khas lain terletak dari sambal cuka yang digunakan, pempek Palembang hanya menggunakan satu jenis cuka, yang berwarna hitam terbuat dari cukadan gula merah, sedangkan pempek bangka memiliki 3 macam sambal cuka lhoo yang pastinya menggugah selera makan kita, ada cuka bawang putih, cuka tauco, dan cuka terasi. Wah makin penasaran bukannn???Makanya ayo datang ke Bangka segera dan cicipin sendiri kelezatan berbagai jenis Pempeknya, dijamin anda pasti akan ketagihan. Percayalah...


2. Tahu Kok ( Theu Fu Kok)

   
    Tahu Kok, ini adalah salah satu makanan favorit saya kalau lagi pulang kampung ke Bangka. Tahu Kok ini berisi tahu ikan, baso ikan, dan fukian. Tahu Kok ini merupakan makanan asli dari Bangka, cara penyajiannya semua isi tadi diisi di dalam satu mangkuk besar. Tahu Kok disajikan dengan sambal tauco juga lho, dan ini sangat nikmat apabila disantap selagi hangat. Biasa orang bangka menambahkan irisan daging dan sayuran untum menambah cita rasanya dan menambah aroma kaldunya. 

3. Kemplang, Kerupuk, Getas(Kretek)
   Siapa sih yang tidak tahu kemplang/kerupuk Bangka? tentunya sudah sangat terkenal bukan? Kemplang bakar dari Bangka sangat digemari masyarakat terutama karena sambal terasinya itu lhoo. Selain itu ada juga kerupuk-kerupuk yang terbuat dari ikan, cumi-cumi, atau udang. Sudah banyak sekali toko bahkan supermarket menjual aneka kerupuk dari Bangka ini. Biasanya sih makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari pulau Bangka.


4. Lempah Ikan dan Lempah Darat
    a. Lempah Ikan
        Makanan ini sangat menggugah selera karena perpaduan antara ikan yang amis dengan nanas yang asam, semua tergabung dalam satu paket makanan dengan kuah kuning. Mantaphh, sangat maknyuss apalagi dimakan selagi hangat, rasanya bercampur antara asam dan manis, juga pedas, wahh pokoknya komplit banget semua rasa menjadi satu, dan wajib dicoba!!

    b. Lempah Darat
        Lempah Darat merupakan makanan khas dari Pulau Bangka. Bahan pembuatan makanan ini terdiri dari pucuk idat, talas (di Bangka disebut keladi), belacan (terasi), bawang merah, garam, dan cabe rawit (cabe kecit). Lempah darat paling lezat bila dimakan bersama nasi dan ikan asin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar