Selasa, 26 Juni 2012

WISATA ALAM BANGKA

Di sini saya akan membahas tentang wisata alam yang amat sangat indah di Bangka. Berikut adalah beberapa tempat wisata alam yang paling banyak dikunjungi para wisatawan dari dalam daerah maupun luar daerah Bangka.

1. Pha Kak Liang
    Tempat ini berada di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, sekitar 2 km dari Kota Belinyu atau 53 km dari Kota Sungailiat. Pha Kak Liang adalah sebuah kawasan yang bergaya china, yang dibangun di daerah bekas tambang timah, yang luasnya mencapai 2 ha. Wisatawan yang datang kesini seolah berada di kawasan daratan Hongkong atau Taiwan. Daya tarik bagi wisatawan di sini yang tak kalah menariknya adalah pengunjung dapat menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dipermukaan air pada saat kita berikan makanan yang telah disediakan oleh penjaga setempat. Menurut ceritanya ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.


2. Vihara Dewi Kwan Im
    Tempat ini berada dikaki bukit dan terdapat aliran air sungai, yang terletak di Desa Jelitik Kecamatan Sungailiat sekitar 15 km dari Kota Sungailiat. Menurut kepercayaan masyarakat air tersebut dapat menyembuhkan penyakit, menjadi awet muda atau meminta sesuatu yang diinginkan. di vihara ini juga tersedia kolam pemandian dan vihara kecil untuk sembahyang.
     Vihara ini sangat bagus teman, karena saya sudah pernah mengunjunginya. Tempatnya tenang dan sangat cocok untuk ziarah dan berdoa. Oia, satu lagi yang membuat saya terkejut waktu datang di vihara ini. Ternyata di sebelah vihara ini ada rumah salah satu penyanyi dan arti legendaris Indonesia yang terkenal teman, yup, rumah itu adalah rumah milik Titik Puspa. Rumahnya keren abis teman.



3. Pemali dan Pemandian Air Panas Pemali
    Objek wisata satu ini merupakan aset wisata pantai yang terletak didesa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, sekitar 20 km dari Kota Sungailiat. Lokasi sumber air panas di Pemali pertama kali ditemukan pada zaman kolonial Belanda. Pada saat itu dilakukan eksplorasi timah oleh perusahaan B.T.W. (Bangka Tin Winning Bedrijt) yaitu perusahaan milik Belanda yang khusus bergerak disektor pertambangan timah di Pulau Bangka.
      Setelah kemerdekaan RI perusahaan penambangan timah diambil alih dari pemerintahan kolonial menjadi sebuah perusahaan penambangan yang dimiliki oleh negara, yakni PT. TIMAH dan secara otomatis keberadaan lokasi sumber air panas menjadi bagian kepemilikan dan pengelolaan PT Timah. pada era dasa warsa 70-an, air panas pemali dipugar dan dikembangkan oleh perusahaan Timah, yang selama beberapa tahun sempat terawat dengan baik dan menjadi salah satu tempat rekreasi masyarakat . Air panas ini berasal dari air tanah aktif yang mengeluarkan belerang yang sangat ccocok bagi wisataan yang datang untuk kesehatan atau menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam dikolam air yang disediakan.
       Selain pemandian air panas, tempat wisata ini juga terdapat kolam renang dan kebun binatang mini yang cukup lengkap di dalamnya. Dan disini juga ada wisata air dan water boom yang cukup besar.


4. Hutan Wisata Sungailiat
    Nah kalau wisata yang satu ini saya sendiri belum begitu tahu banyak, cuma pernah dengar aja beritanya. Tapi tenang saya sudah menyiapkan info pasti tentang wisata ini. 
   Obyek wisata satu ini terletak di kelurahan Parit Padang, Kecamatan Sungailiat, tepatnya dijantung kota Sungailiat yang berhadapan dengan Masjid Agung. Tempat ini sering digunakan untuk berkemah bagi pelajar, pramuka dan remaja. Selain digunakan untuk kegiatan tersebut, tempat ini juga digunakan untuk istirahat sekedar menikmati pepohonan yang lebat dan tinggi.


5. Kampung Gedong
    Yang satu ini adalah tempat atau sentral pembuatan oleh - oleh khas Bangka, seperti getas, kemplang, kerupuk dan masih banyak lagi. Perkampungan/pemukiman masyarakat asli china dapat kita temui didaerah Kuto Panji, kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, kurang lebih 54 km dari Kota Sungailiat. Selain itu terdapat pula kampung Gedong desa Lumut Kecamatan Riau Silip, kurang lebih 51 km dari kota Sungailiat atau kurang lebih 14 km dari Kota Belinyu. Kehidupan mereka berdagang dan membuat makanan khas Bangka.


6. Gunung Maras dan Bukit Betung
    Gunung Maras, gunung ini terletak di Desa Rambang Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka sekitar 70 km dari kota Sungailiat atau 33 km dari kota Belinyu. Gunung ini merupakan salah satu aset wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama oleh para penggemar lintas alam seperti hiking, berkemah dan mendaki gunung. Alamnya indah, pepohonan hutan yang cukup lebat menambah daya tarik sendiri.
   Kedua, Bukit Betung. Kawasan hutan lebat di pinggir Kota Sungailiat berseberangan dengan kantor Bupati Bangka, dulunya merupakan tempat menyembunyikan diri dari kejaran kolonial. Puncak bukitnya menawarkan pemandangan kota Sungailiat yang mengesankan.














6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar