Jumat, 29 Juni 2012

HOK LO PAN

      Mungkin beberapa dari anda yang membaca blog ini tidak tahu apa arti dari judul blog saya di atas. Ya, nama yang sedikit aneh dan terasa asing di telinga. Namun, saya rasa anda pasti tahu yang namanya martabak, dan anda semua pasti sudah pernah menikmati kelezatan martabak. Nah, nama di atas adalah nama lain dari martabak.  Di Bangka, martabak lebih terkenal dengan nama HOK LO PAN atau Martabak Bangka. Hok Lo Pan atau Martabak dalam Bahasa Indonesia, adalah Makanan Khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka ( Khek ) Bangka.  Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti Hurfiah Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo. Padahal ini asli kue orang Hakka ( Khek ) Bangka.

      Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun terlihat mudah. Cukup 12 menit menunggu, maka Hok Lo Pan ( Martabak ) pun jadi. Menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai. Kini, isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak ) beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja. Hok Lo Pan ( Martabak ) lebih dikenal dengan sebutan kue bandung. Padahal jelas-jelas ini bukan kue bandung. Ini adalah kue orang Hakka ( Khek ) Bangka. Mengapa Hok Lo Pan ( Martabak ) dinamakan kue bandung? Hal ini ada sejarahnya. Sejarahnya adalah bahwa kue tersebut dibuat oleh orang Bangka  yang menetap di Semarang dan diberi nama kue bandung. Yakni oleh Keluarga Cen, generasi  ke-4 dari leluhur yang bernama Cen Khian Sam. Seorang imigran Hakka ( Khek ) dari Moi Yan. Sejalan dengan itu ada pula Mie Bandung di lokasi jalan Gajah Mada Semarang dan di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Indonesia.



      Hok Lo Pan ( Martabak ) sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Rasanya gurih, manis dan juicy. Sekali anda makan dijamin tidak cukup 1 potong saja. Pasti tambah lagi. Selain di Bangka Belitung, Hok Lo Pan ( Martabak ) ini sangat mudah ditemui diberbagai kota di seluruh Indonesia, seperti di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan.

      Salah satu sentral penjualan HOK LO PAN  asli Bangka terletak di Martabak Acau 89 (saya pun kalau beli ya beli di sini, karena di Acau 89 menurut saya rasanya lebih enak berkali-kali lipat daripada di tempat lain,hehehe...). Martabak Acau 89 terletak di Jl. Mayor Syafrie Rahman Pangkal Pinang, Deretan Bank BRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar