Kamis, 24 Mei 2012

Wisata Pantai di Bangka

Pulau Bangka  adalah  sebuah pulau dengan luas 11.615 km2, terletak di laut Cina Selatan dan sebelah timur pulau Sumatera.  Pulau ini terkenal sebagai pulau yang menyimpan potensi timah terbesar di wilayah Indonesia. sehingga lebih dikenal juga dengan nama Pulau Timah. Pulau Bangka sangat terkrnal dengan potensi wisatanya yang sangat indah. salah satunya adalah wisata pantai. Pantai adalah salah satu objek wisata yang paling sering dan banyak dikunjungi oleh turis asing maupun domestik. Pantai di Bangka sangat terkenal dengan keindahan pasir putih dan bebatuan granit nya yang terhampar di setiap sudut pantai. Berikut beberapa pantai yang paling sering dikunjungi di bangka :
1. Pantai Parai Tenggiri


Pantai Parai Tenggiri terletak di Sungailiat atau sekitar 1 jam perjalanan dari Pangkalpinang. Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai terindah di wilayah pulau Bangka. Selain pantai yang bertabur pasir yang putih, air laut yang biru, serta batu-batu granit yang cukup besar tersebar di berbagai sudut pantai.

Kawasan Pantai Parai Tenggiri mempunyai sebuah Resort yang terletak di tepi pantai yang nyaman, bagi pengunjung yang tidak menginap di lokasi resort dapat memasuki lokasi  dapat membayar voucher masuk senilai Rp. 25.000, yang dapat ditukar dengan minuman ringan di lokasi.

2. Pantai Matras dan pantai Tanjung Pesona

 pantai tanjung pesona


Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rabak, Kecamatan Sungailiat, sekitar 9km dari kota Sungailiat. Tempat parkirnya sangat luas, terlindung dari sengat matahari oleh dedaunan kelapa. Keindahan pantai ini adalah hamparan pasir putih, air laut yang jernih dengan debur ombak yang tenang. Ditambah lagi dengan jajaran pohon nyiur di sepanjang garis pantai, dan pemandangan sebuah Gazebo kecil di atas air laut yang dihubungkan dengan sebuah jembatan ramping ke pantai, yang tampaknya telah merupakan sebuah ciri khas bagi pantai ini.Pantai ini juga terkenal dengan bebatuan besarnya di pinggir pantai yang sangat bagus untuk dijadikan tempat foto-foto.

pantai matras
Pantai Matras amat indah dan landai. Pantai ini terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, disebelah Timur Laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari kota Sungailiat. Pantai indah ini terkenal dengan nama Pantai Matras karena terletak di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Ini adalah salah satu pantai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam dan luar daerah maupun turis luar negeri. Keistimewaan pantai ini adalah pasir putihnya yang halus, nyiur yang melambai-lambai, dan aliran sungai alami. Keistimewaan lain, lokasinya yang nyaman dan tenang akan memberikan keleluasaan kepada para pengunjung untuk menyantap makanan sambil bersandar di bebatuan alam dan menikmati keindahan suasana pantai. Dikawasan pantai Matras juga telah dibangun banyak tempat peristirahatan berupa bungalow sederhana yang kian menambah betah pengunjung.

Di atas adalah tiga pantai yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Di Pulau Bangka masih banyak pantai-pantai lain yang sama indahnya dengan ketiga pantai di atas, diantaranya adalah









pantai rebo
Jadi, ayo buat semua yang belum pernah ke Bangka,,tunggu apalagi...Datang ke Pulau Bangka dan nikmati sensasi tak terlupakan pantai-pantai di Bangka..dijamin ketagihan dan ga bisa dilupakan.

1 komentar: